Friday, April 20, 2007

Sakit Two in One (2 in 1)

Diawali dengan Mama yang kena Flu berat, akhirnya Ai ketularan juga. Kalau hanya pilek biasa, gak terlalu panik, tapi ini kok pake demam...ya udah deh, kita ke Eyang Bude. Setelah di-diagnosa, gak perlu antibiotik, karena gak ada radang tenggorokan. Ya udah, Mama terusin aja obat panas dan anti alerginya. Tapi kok...udah 3 hari masih panas...waaakkk!

Kembali ke Eyang Pakde, terus disarankan, di hari ke-4 periksa darah, takutnya kena Demam Berdarah (DB). Tadinya Mama rada sangsi, kok DB panasnya gak tinggi ya...Ternyata...belajar hal baru niihhh....: DB itu bukan dari tingginya demam, tapi dari LAMA DEMAM. Jadi kalau sudah demam lebih dari 3 hari, harus langsung periksa darah.

Akhirnya, bener, ternyata Ai kena DB juga. Tapi trombositnya masih diatas 200. Gak ada obat tambahan, cuma disuruh minum yang banyak. Alhamdulillah susunya teteup aja kenceng, sehari bisa minimal 8 botol...tapi...gara-gara batuk, kadang abis mik susu terus keluar lagi...Aduuhh....mana kalau malam batuk-batuk gak bisa tidur...

Setiap pagi Ai cek darah. kalau trombosit turun lagi, harus siap-siap diinapkan di RS. Mama tiap malam lihatin tangan Ai...mana pembuluh darahnya yang bisa ditujus infus yaaa?? Mana gak nemu-nemu...secara tangannya Ai tuebel dagingnya.

Hari kelima, trombosit turun ke 187.000, dan Mama udah siap-siap aja mau nginep di RS. Hari keenam, Ai udah gak demam, dan kita cek darah, ternyata trombositnya udah naik lagi...haduuh...Alhamdulillah gak jadi dirawat, tapi benar2 harus dijaga, biar gak digigit nyamuk lagi, karena kalo digigit, nanti kena yang lebih parah. Menurut Eyang Bude, Ai kena yang ringan, dan cepat tertanggulangi ditambah intake cairan yang cukup. Mama udah kebat kebit, kebayang Ai berontak kalo ke RS...kekuatannya itu, udah sekelas Xena...kuat banget!

No comments: